LOADING

Type to search

Tidak Hanya Wanita, Pria Juga Harus Tahu Apa Itu Vaksin HPV?

Share

Apa Itu Vaksin HPV? Kenali Manfaat Vaksin HPV bagi Pria

Pada sebagian masyarakat lebih mengenal infeksi Human Papilloma Virus atau HPV sebagai penyebab terjadinya kanker serviks. Itu sebabnya sosialisasi pemberian imunisasi atau vaksin HPV lebih condong kepada perempuan. Namun, sebenarnya apa itu vaksin hpv? Apa benar hanya menyerang pada kaum wanita saja? Jawabannya adalah tidak.

Pria juga bisa terkena kanker dikarenakan virus HPV yang menyerang pada bagian vital sehingga menyebabkan timbulnya penyakit kanker penis. Beberapa penyakit lain yang ditimbulkan oleh virus HPV adalah kanker mulut, kanker tenggorokan, kutil kelamin dan kanker anus.

Itu sebabnya penting juga bagi kaum pria untuk mengetahui apa vaksin HPV dan apa manfaat yang diperoleh dengan melakukan vaksin HPV tersebut. Infeksi HPV ini pada dasarnya bisa menyerang baik pada wanita maupun pria. Individu yang terjangkit virus HPV bisa menularkan virus tersebut kepada pasangan atau individu yang lain. Salah satu caranya melalui hubungan seksual.

Itulah yang membuat para pria tetap bisa mendapat beberapa masalah kesehatan saat terinfeksi HPV walaupun mereka tidak mempunyai rahim. Lalu apa saja manfaatnya bagi pria jika melakukan imunisasi HPV? Secara garis besar, vaksinasi HPV mampu melindungi pria dari berbagai macam potensi yang mungkin timbul akibat terinfeksi HPV. Setidaknya ada 3 manfaat bagi pria dengan melakukan vaksinasi HPV. Manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

Terhindar dari Kutil Kelamin

Yang dimaksud dengan kutil kelamin adalah benjolan kecil yang muncul di sekitar area kelamin dan dubur. Kutil kelamin tidak mudah dilihat dengan kasat mata dan termasuk sebagai infeksi menular seksual. Berbeda dengan kutil yang tumbuh di area tubuh yang lain, kutil kelamin ini menimbulkan sensasi seperti terbakar, rasa gatal, dan nyeri serta pendarahan saat berhubungan intim dengan pasangan.

Dengan melakukan vaksinasi HPV, para pria bisa terhindar dari risiko terkena penyakit kutil kelamin. Beberapa pencegahan selain vaksinasi HPV diantaranya adalah:

  • Tidak melakukan seks secara bebas. Jaga kesehatan dan kebersihan alat reproduksi.
  • Gunakan kondom ketika berhubungan seks.
  • Tidak berbagi kepada orang lain alat bantu seks.

Terhindar Risiko Kanker

Infeksi HPV yang masuk dalam tubuh wanita bisa menyebabkan kanker serviks. Sedangkan pada pria bisa memicu munculnya kanker lain, diantaranya adalah kanker anus, kanker penis, kanker mulut dan kanker tenggorokan. Virus HPV bisa menempel pada tubuh pria tanpa disadari karena tidak secara langsung menginfeksi. Ketika kondisi tubuh sedang drop, pada saat itulah virus mulai menyebar.

Risiko kanker bisa dihindari oleh pria dan wanita dengan melakukan vaksinasi HPV. WHO menyarankan kepada setiap orang agar memberikan vaksin HPV pada anak mulai usia 11-12 tahun. Hal ini dilakukan dengan asumsi pada usia tersebut mereka belum cukup aktif dengan kegiatan seksual.

Melindungi Pasangan

Para pria yang sudah terjangkit HPV bisa menularkan virus tersebut kepada pasangan mereka melalui hubungan seksual. Dengan melakukan vaksinasi HPV secara tidak langsung bermanfaat untuk melindungi istri tercinta dari bahaya kanker serviks.

Jika muncul pertanyaan, pentingkah pria juga harus tahu apa itu vaksin HPV? Jawabannya adalah sangat penting. Dengan memahami manfaat dan cara mencegah tertularnya virus HPV, secara tidak langsung mereka akan lebih menjaga kebersihan organ intim dan tidak melakukan seks secara bebas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *