LOADING

Type to search

Manfaat Libur Panjang Bagi Kesehatan

Share

Manfaat libur panjang bagi kesehatan tentu banyak sekali. Setelah seharian menjalankan aktivitas yang produktif, tentu tubuh perlu waktu untuk menikmati liburan dan mengistirahatkan diri. Tidak hanya tubuh saja, karena nyatanya psikologis juga membutuhkan waktu untuk menikmati suasana liburan untuk hanya menikmati suasana yang bisa mengembalikan kesegaran pikiran.

Setiap orang memiliki rutinitasnya masing-masing setiap harinya sepanjang bulan bahkan sepanjang tahun. Tanpa disadari, hal ini dikarenakan dapat memicu stress berkepanjangan. Salah satu cara untuk menghentikan stress ini ialah dengan berlibur dan melakukan hal bermanfaat bagi kesehatan gisik dan mental Kamu. Namun, apakah Kamu tahu bahwa liburan ternyata memiliki manfaat yang besar?

Manfaat Libur Panjang Untuk Kesehatan Mental

Hal yang dialami seseorang yang sedang mengalami stress ialah kesehatan mentalnya terganggu. Stress panjang ataupun jangka pendek, tetap berpengaruh pada kesehatan mental. Stress juga memiliki dampak terhadap timbulnya depresi dan penurunan kemampuan untuk melakukan aktivitas yang dijalani. Salah satu penelitian yang dilakukan di Wisconsin menunjukkan bahwa risiko depresi lebih tinggi ditemukan pada orang yang kurang liburan.

Mereka yang memiliki risiko depresi lebih tinggi ialah mereka yang berlibur kurang dari sekali dalam dua tahun, atau secara sederhananya mereka yang tidak liburan sekalipun selama dua tahun. Selain itu, penelitian juga menunjukkan dengan melakukan kegiatan rekreasi dan liburan secara signifikan dapat meningkatkan emosi positif dengan baik. Jadi, manfaat libur panjang bagi kesehatan memang sangat penting.

Manfaat Libur Untuk Kesehatan Fisik

Berlibur tidak hanya berdampak positif pada kesehatan mental saja, namun juga baik untuk kesehatan fisik secara keseluruhan. Peneliti dalam bidang imunitas, yakni Prof. Fulvio D’Acquisto (seperti yang dilansir dailymail) berpendapat suatu lingkaran yang baru dan menyenangkan bisa memberikan stimulasi kepada sistem imun untuk bekerja lebih baik.

Menurut hasil eksperimen yang dilakukan pada tikus oleh D’Aquisto menunjukkan lingkungan yang menyenangkan dapat meningkatkan kadar sel darah putih yang berguna untuk menjaga dan melindungi tubuh saat terpapar penyebab infeksi tanpa harus diberi obat. Ia juga berpendapat, di samping mengonsumsi obat, mengganti suasana lingkungan saat sedang sakit bisa meningkatkan kesehatan pasien secara keseluruhan.

Selain imunitas, belibur juga baik untuk kesehatan jantung dan bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh stress. Hal ini terbukti dari berbagai penelitian, salah satunya Frammingham Heart Study yang menunjukkan seseorang yang rutin berlibur memiliki risiko yang lebih kecil untuk bisa mengalami penyakit jantung koroner dan kematian akibat penyakit jantung dengan kondisi kardiovaskuler.

Rutinitas Tanpa Liburan Tidak Baik Bagi Kesehatan

Manfaat libur panjang bagi kesehatan merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengontrol stress. Dampak kesehatan bisa dikontrol oleh hormon kortisol, dimana hormon ini pada umumnya berkaitan dengan imunitas dan inflamasi pada pembuluh darah. Stress merupakan sebuah gangguan kesehatan mental yang bisa berlangsung lama selama kondisi otak mengalami tekanan.

Hal ini menyebabkan perkembangan penyakit terus berlangsung seiring kondiri stress yang dialami. Stress kronis, sangat mungkin dialami oleh orang yang tidak bisa mengendalikan stress atau bekerja dengan rutinitas yang terlalu tinggi pada setiap harinya. Pada akhirnya, sebagian depresi bisa menyebabkan penurunan kerja dan kualitas performa seseorang.

Berlibur tidak harus dilakukan dalam jangka waktu yang lama sebetulnya, namun bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana. Kamu bisa mencari waktu senggang untuk menenangkan diri dan pikiran. Seperti melakukan aktivitas di luar ruangan atau mengerjakan hobi yang tidak bisa dikerjakan ketika Kamu bekerja. Demikianlah beberapa manfaat libur panjang bagi kesehatan yang harus Kamu ketahui.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *