LOADING

Type to search

Kenali Sebelum Terlambat, Inilah Fakta Dibalik Menopause

Share

Mengetahui fakta dibalik menopause sebelum terlambat memang sangat penting untuk Kamu para wanita pahami. Hal ini dikarenakan menopause merupakan waktu dimana Kamu akan mengalami siklus menstruasi bulanan yang berhenti. Kondisi seperti ini biasanya akan terjadi pada wanita yang sudah berumur 52 tahun keatas. Kendati demikian seseorang yang masih berumur 45 tahun juga bisa mengalami menopause.

Tak hanya mengalami menstruasi yang berhenti, seorang wanita yang mengalami menopause ini sendiri juga bisa menunjukkan gejala lainnya seperti pada penampilan fisik, hasrat seksual, kondisi psikologi. Bahkan mungkin bisa terjadi perubahan pada kesuburan, sehingga menyebabkan seorang wanita yang telah menopause sudah tidak bisa hamil lagi.

Perubahan yang terjadi pada seorang wanita juga berbeda-beda, ada yang bertahap hingga secara tiba-tiba. Bahkan masa terjadinya perubahan itu sendiri dikenal dengan perimenopause, dimana akan berlangsung selama beberapa tahun sebelum masa menopause yang akan dimulai pada usia 40 tahun ke atas. Sebelum terlambat, Kamu juga harus mengetahui fakta dibalik menopause dibawah ini.

Beberapa Fakta Saat Mengalami Menopause

  1. Adanya perubahan siklus menstruasi

Fakta menopause yang pertama adalah adanya perbuhan siklus menstruasi. Seseorang yang mulai mengalami masa menopause akan mendapati siklus menstruasi yang tidak teratur, dimana biasanya datang terlambat ataupun lebih cepat. Sedangkan untuk darah kotor yang dikelarkan bisa sedikit ataupun bahkan lebih banyak.

  1. Perubahan pada penampilan fisik

Fakta berikutnya adalah adanya perubahan pada penampilan fisik. Inilah yang memudahkan seseorang untuk mengetahui apakah seorang wanita sudah mengalami menopause ataukah tidak. Perubahan fisik tersebut biasanya ditandai dengan adanya kerontokan rambut, kulit yang mengalami kekeringan, payudara yang mulai kendur hingga berat badan yang semakin meningkat.

  1. Adanya perubahan seksual

Adapun fakta dibalik menopause berikutnya yang wajib untuk Kamu ketahui yakni adanya perubahan seksual seperti vagina yang menjadi kering, sehingga akan menurunkan adanya gariah seksual. Tidak heran apabila seseorang yang mengalami menopause akan kehilangan hasrat untuk berhubungan seks.

  1. Menyebabkan adanya perubahan psikologis

Apabila seseorang sudah terkena menopause, maka bersiap-siaplah untuk menghadapi kondisi psikologis yang sering berubah-ubah seperti adanya perubahan suasana hati, kesulitan untuk tidur hingga tingkat depresi yang cukup tinggi. Tak hanya itu saja, fakta dibalik menopause yang lainnya adalah adanya perubahan fisik seperti sering berkeringat di malam hari, jantung berdebar hingga hot flashes.

Bagaimana Melakukan Pencegahan Menopause?

Menopause ini sendiri tidak bisa Kamu hindari begitu saja. Tapi Kamu bisa memperlambat gejala-gejala yang terjadi saat menopause. Beberapa hal yang bisa Kamu lakukan adalah pertama, Kamu bisa mencoba untuk menghindari jenis-jenis makanan dan minuman yang bisa menyebabkan hot flashes dan jantung berdebar, seperti minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

Kedua, Kamu bisa lebih sering untuk mengenakan pakaian dengan bahan katun yang tipis. Cara ini sendiri akan membantu Kamu untuk mengurangi adanya hot flashes yang terjadi ketika masa perimenopause. Kamu juga bisa melakukan relaksasi seperti meditasi, yoga hingga taichi yang membantu Kamu untuk mengatur tingkat stress Kamu.

Tak hanya itu saja, Kamu mungkin juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan gizi yang seimbang terutama memperbanyak adanya asupan serat seperti buah, sayuran hingga biji-bijian. Tak hanya itu, Kamu juga bisa memperbanyak vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.

Selain menggunakan penanganan diatas untuk memperlambat adanya gejala menopause, Kamu juga bisa mendapatkan terapi pengganti hormon yang dilakukan oleh dokter. Mengetahui fakta dibalik menopause memang sangat penting, untuk membantu Kamu tidak mendapatkan gejala menopause lebih awal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *