LOADING

Type to search

Dampak Polusi bagi Tubuh dan Kesehatan

Fenomena Keseharian

Dampak Polusi bagi Tubuh dan Kesehatan

Share

Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa polusi sudah menjadi musuh terbesar dalam hidup kita. Polusi juga merupakan zat terdapatnya suatu materi yang masuk ke dalam lingkungan tempat tinggal kita, yang menyebabkan lingkungan sekitar kita menjadi rusak dan tidak nyaman untuk ditempati.

Ada berbagai jenis polusi saat ini, seperti polusi udara, polusi tanah, polusi air, polusi cahaya, polusi suara dan polusi logam berat. Jenis polusi memang banyak sekali, namun SKWAD Health kali ini, akan membahas mengenai polusi udara, disimak ya!

Polusi udara biasanya disebabkan oleh proses pembakaran bahan bakar fosil yang belum sempurna. Contohnya seperti pada kendaraan bermotor, pembangkit listrik, dan mesin-mesin pabrik yang mengeluarkan asap cukup tebal dan pekat. Dari hasil pembakaran itu lah menghasilkan nitrogen oksida, sulfur dioksida, dan hidrokarbon. Zat-zat tadi yang membuat udara disekitar menjadi terkontaminasi.

Ada  berbagai macam penyakit yang biasanya menyerang sistem pernafasan kita. Contohnya seperti Asthmatic bronchiale (asma), Bronchopneumonia (penyempitan saluran pernapasan), ISPA, dan Pneumonia (paru-paru basah). 

1. Asmatic bronchiale atau asma

Asma merupakan peradangan saluran pernafasan yang mengakibatkan pengidap asma sering merasakan susah bernafas dan sesak nafas yang hebat. Faktor penyebab penyakit ini biasanya disebabkan oleh debu, asap rokok, asap kendaraan, bulu binatang, virus, bahkan terpapar zat kimia. Untuk mencegah timbulnya asma, kalian cukup dengan mengatur pola hidup agar lebih sehat. Seperti sering olahraga, kurangi mengkonsumsi junk food dan mulai rajin mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Sebisa mungkin hindari tempat-tempat yang terlalu lembab, dan usahakan selalu menggunakan masker, untuk mencegah masuknya debu, serta kotoran ke dalam hidung.

2. Bronchopneumonia 

Merupakan infeksi yang mengakibatkan terjadinya peradangan pada paru-paru. Sama seperti asma, peradangan ini disebabkan oleh virus, bakteri, ataupun jamur. Virus tersebut biasanya bersembunyi pada udara yang kita hirup. Penyakit ini juga rentan menyerang anak kecil yang berusia di bawah 5 tahun loh! Untuk gejalanya, jika penyakit ini menyerang anak-anak, biasanya mereka menjadi kurang nafsu makan, denyut jantungnya juga cepat, rewel, dan susah tidur. Tapi jika  terjadi pada orang dewasa, gejalanya adalah sesak nafas, nyeri di daerah dada, berkeringat berlebihan, dan tempo nafas yang cepat.

Sebagai orang tua, pastikan anak kita sudah divaksin terlebih dahulu ya. Terdapat beberapa jenis vaksin yang memang dikhususkan untuk mencegah penyakit ini. Bagi kita orang dewasa, terapkan juga pola hidup sehat dan bersih, yang paling penting, bagi perokok cobalah melatih diri untuk berhenti merokok ya!

3. ISPA atau infeksi saluran pernafasan akut

Jenis infeksi ini biasanya mengganggu proses pernapasan kita. Kalau tidak ditangani dengan tepat, ISPA bisa berlanjut pada penyakit yang lebih serius yaitu pneumonia. Gejala penyakit ini cukup mudah untuk kita ketahui. Biasanya hidung yang tersumbat atau berair, bersin-bersin, kadang demam, dan juga batuk-batuk. Cara mencegah penyakit ISPA itu cukup mudah, dengan cara istirahat yang cukup dan minum air putih sesuai dengan kebutuhan harian ya. 

4. Pneumonia 

Merupakan penyakit yang terjadi karena adanya infeksi yang memicu inflamasi pada kantong paru-paru. Biasanya penderita penyakit ini akan mengalami pembengkakan di paru-parunya yang berisi cairan. Karena pembengkakan paru-paru yang berisi cairan, penyakit ini sering disebut dengan paru-paru basah oleh orang Indonesia. Gejala pneumonia biasanya ditandai dengan nyeri di dada pada saat bernafas dan batuk berdahak. Selain itu, tidak jarang ada yang sampai mual dan muntah-muntah. Untuk mendiagnosa penyakit ini, sebaiknya kita harus melakukan tindakan anamnesis, pemeriksaan fisik, dan juga pemeriksaan penunjang lainnya. 

Itu dia dampak polusi yang cukup mengerikan bagi tubuh kita. Meskipun kita terpaksa tetap harus berkegiatan yang bertemu dengan banyak polusi, kalian tetap jaga diri kalian dengan pola hidup sehat dan jangan lupa untuk selalu pakai masker saat bepergian ya!

 

Dapatkan informasi mengenai kesehatan tubuh dan kesehatan mental dengan sumber informasi yang dapat dipercaya di SKWAD Health!

Subscribe YouTube Channel SKWAD Health Sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *