LOADING

Type to search

Dampak Konsumsi Mie Instan bagi Kesehatan

Fenomena Keseharian

Dampak Konsumsi Mie Instan bagi Kesehatan

Share

Seperti yang sudah kita ketahui, selain mudah untuk dicari, mie instan sangat cepat untuk dimasak. Hal tersebutlah yang membuat mie instan menjadi sangat praktis untuk dikonsumsi, terlebih lagi untuk kalian yang malas masak atau anak kost yang sedang jauh dari rumah. Mie instan mengandung sedikit kalori, serat, dan protein di dalamnya. Padahal,  ketiganya itu penting banget buat pencernaan kita. Selain itu, terdapat kandungan lainnya di dalam mie instan yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Yang pertama, ada MSG atau  monosodium glutamate. MSG adalah bahan pengawet kimia yang berasal dari industri kimia. Selain sebagai bahan pengawet, MSG biasanya dipakai sebagai penguat rasa pada mie instan. MSG juga merupakan zat adiktif, dan zat ini lah yang memberikan efek “ketagihan” kepada kita untuk terus ingin mengkonsumsi mie instan. Pantas saja ya, banyak sekali penggemar mie instan itu.

Nah kandungan selanjutnya adalah sodium. Sebenarnya, sodium adalah zat yang juga terkandung di dalam garam. Sodium sendiri akan berbahaya bagi tubuh kita bila dikonsumsi secara berlebih. Perlu diingat juga, konsumsi harian sodium/garam hanya 2000mg atau setara dengan 1 sendok teh ya.

Oleh Karena itu, mengkonsumsi mie instan berlebihan dapat membawa pengaruh buruk bagi kesehatan, beberapa diantaranya:

  1. Menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi, sakit kepala, hingga mual. Penyakit tersebut disebabkan oleh kandungan yang terdapat pada mie instan yaitu MSG. 
  2. MSG juga dapat menyebabkan terganggunya fungsi otak. Terganggunya fungsi otak tersebut bermacam-macam. Mulai dari pembengkakan sel pada otak hingga matinya sel – sel pada otak manusia.
  3. Terlalu sering mengkonsumsi mie instan juga dapat memicu gangguan pada pencernaan, gangguan pada fungsi hati, dan stroke. Semua itu disebabkan oleh banyaknya sodium yang masuk ke tubuh kita, akibat terlalu banyaknya makan mie instan.

Tapi selain itu, ada beberapa tips nih untuk menghindari dampak buruk dari mengkonsumsi mie instan.

  • Yang pertama jangan makan mie instan terlalu banyak, cukup 1 kali dalam sebulan.
  • Jika sedang ingin sekali makan mie instan, kalian bisa tuangkan bumbu mie instant ½ dari sachet. Karena bumbu pada mie instan lah yang mengandung banyak MSG dan sodium.
  • Cobalah untuk mengurangi stok mie instan yang ada di rumah juga ya. Gantilah dengan makanan yang mudah dimasak contohnya seperti telur ayam.

Nah itu dia beberapa ulasan tentang dampak mie instan yang selama ini sering banget kita konsumsi. Jangan malas juga untuk mulai mengurangi konsumsi mie instan ya. Agar terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat membahayakan kesehatan kita. 

 

Dapatkan informasi mengenai kesehatan tubuh dan kesehatan mental dengan sumber informasi yang dapat dipercaya di SKWAD Health!

Subscribe YouTube Channel SKWAD Health Sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *