LOADING

Type to search

Cara Menghindari Stres di Tempat Kerja

Share

Cara menghindari stres di tempat kerja memang tedengar sesuatu yang lucu untuk dicari. Namun jangan salah, ternyata artikel ini juga banyak dicari oleh mereka yang sedang berada dalam fase bosan atau titik jenuh dengan pekerjaannya. Sehingga mereka menjadi stres saat bekerja, dan bahkan tidak sedikit yang hingga mengambil keputusan untuk berhenti bekerja.

Terkadang tekanan yang didapatkan saat bekerja menjadi sebuah tantangan yang harusnya memotivasi. Namun, tentu saja selalu ada waktu dimana seseorang berada di puncak tekanan yang hingga menimbulkan stres kerja. Agar kondisi fisik dan mental tidak terbebani, Kamu harus mengetahui bagaimana cara menghindari stres saat kerja.

Stres kerja akan mulai memuncak biasanya karena atasan yang kurang bisa merangkul bawahannya. Rekan kerja yang sering merundung atau tidak sportif, atau melakukan kekerasan di lingkungan kerja juga merupakan faktor pemicu stres di tempat kerja. Sehingga Kamu harus bisa mencari cara menghindari stres di tempat kerja, agar bisa bekerja dengan baik.

Stres tidak jarang justru membawa seseorang ke dalam pola hidup yang kurang sehat. Mulai dari banyak makan atau ngemil secara berlebihan dan tidak sehat. Hal ini bertujuan untuk melampiaskan rasa stres, kurang tidur, melewatkan waktu makan, mengonsumsi alkohol, atau bisa juga Kamu menjadi lebih sering merokok.

Jangan Membiarkan Stres Kerja Menghambat Kebahagiaan

Agar Kamu terhindar dari stres yang selalu hadir mengganggu Kamu terus menerus dan membuat lupa akan sebuah kebahagiaan, maka Kamu harus menyimak beberapa cara menghindari stres di tempat kerja berikut ini. Hal pertama yang harus Kamu lakukan ialah dengan mengenali sejauh mana batas kemampuan Kamu.

Hal ini penting karena berhubungan dengan hasil kerja Kamu dan tanggungan pekerjaan Kamu. Dengan mengetahui kemampuan diri, Kamu bisa terhindar dari stres dan kelelahan yang berlebihan. Kamu juga bisa berbicara dengan atasan mengenai stres yang Kamu alami. Meskipun memang terasa canggung, tapi hal ini perlu Kamu lakukan untuk meredakan stres yang Kamu alami.

Kamu juga bahkan berhak untuk menolak atau mengatakan tidak pada si bos jika Kamu merasa pekerjaan yang diminta melebihi batas kemampuan Kamu. Atau bahkan jika pekerjaan yang diberikan di luar kewenangan Kamu. Tujuannya ialah bukan untuk mengeluh, namun untuk membuat rencana yang efektif dalam mengelola stres saat kerja.

Melupakan Sejenak Penyebab Stres Saat Bekerja

Lupakan pekerjaan sejenak, jangan terlalu dipikirkan karena itu hanya akan membuat Kamu semakin stres. Bahkan tidak jarang memberikan dampak pada masalah dalam kehidupannya. Jika Kamu meras telah berada di tahap ini, Kamu bisa mencoba untuk beristirahat sebentar. Lupakanlah pekerjaan sebentar dan carilah cara menghindari stres di tempat kerja yang bisa membuat Kamu tertawa.

Kamu juga bisa melakukan meditasi atau yoga. Meskipun Kamu merasa hal tersebut bukanlah gaya Kamu, tapi tidak ada salahnya jika mencoba. Kegiatan meditasi ini bisa memberikan efek positif bagi kesehatan jiwa dan fisik dengan menumbuhkan rasa keseimbangan, ketenangan dan kedamaian. Selama meditasi, Kamu bisa lebih fokus dan mendapatkan ketenangan jiwa.

Berbagai beban kerja yang hadir di lapangan seringkali menimbulkan efek emosi negatif. Hal ini bisa karena faktor internal ataupun faktor eksternal. Jangan cepat menyerah ketika sedang berada dalam titik jenuh pekerjaan, karena mungkin saja Kamu hanya butuh istirahat bukan berhenti. Demikian cara menghindari stres di tempat kerja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *