LOADING

Type to search

Atasi Stres di Tempat Kerja dengan Cara Mudah Ini!

Atasi Stres di Tempat Kerja dengan Cara Mudah Ini!

Share

Menjalankan rutinitas setiap hari memang sangat melelahkan. Apalagi jika kita hidup dan bekerja di kota besar seperti Jakarta, pastinya memiliki tantangan tersendiri. Memang tidak bisa dihindari, terkadang tempat kerja bisa menjadi pemicu kamu menjadi stres. Bukan berarti kamu harus menghindarinya ya, tapi kita harus mencari cara untuk mengatasi stres di tempat kerja.

Apapun jenis pekerjaan pasti  memiliki unsur stres, sekalipun kamu menyukai pekerjaan itu dan merupakan passionmu. Tapi, kalau stress itu berjalan lama dan meningkat, bisa membahayakan fisik dan psikis kamu, lho

Cigna Corporation merilis hasil survei mengenai pekerja di 22 negara, termasuk Indonesia. Ternyata, menurut mereka pekerja perempuan memiliki tingkat stres lebih tinggi dibandingkan dengan pekerja laki-laki. Persentasenya yaitu 84 persen untuk perempuan dan 76 persen untuk laki-laki.

SKWAD Health telah mengumpulkan setidaknya ada tujuh alasan utama pemicu stres di tempat kerja.

  1. Gaji yang terlalu rendah
  2. Beban kerja yang berlebihan
  3. Pekerjaan kamu yang tidak menarik atau kurang menantang
  4. Kurangnya dukungan di lingkungan kerjamu
  5. Tidak memiliki cukup kendali atas keputusan yang terkait pekerjaan kamu
  6. Manajemen kantor yang buruk 
  7. Hubungan yang buruk antar karyawan, bos, atau bawahan

Jika kamu sedang memiliki satu atau lebih di antara tujuh alasan di atas, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Berikut cara yang bisa kamu lakukan saat kamu mengalami stres di tempat kerja:

  • Pertama, yang perlu kamu lakukan adalah mengidentifikasi penyebab kamu stress di tempat kerja. Setelah tahu, temukanlah cara terbaik untuk mengatasi stres kamu.
  • Ketika kamu stres, cobalah berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Aktivitas yang meningkatkan detak jantung dan membuat kamu berkeringat adalah salah satu cara efektif untuk membuat suasana hatimu menjadi lebih baik, meningkatkan energi, mempertajam fokus, dan membuat rileks tubuh dan pikiran.
  • Saat stres, ceritakan masalahmu pada seseorang yang bisa menjadi support system kamu. Menceritakan apa yang sedang kamu rasakan adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres yang kamu alami lho.

  • Selain itu, sediakan waktu untuk tidur yang cukup. Orang yang stres seringkali memikirkan banyak hal, sehingga mengganggu jam tidur.
  • Salah satu penyebab seseorang stres di tempat kerja adalah manajemen waktu kamu yang buruk. Untuk mengatasinya, cobalah rencanakan kegiatanmu dengan baik, termasuk kapan harus memulai dan mengakhiri pekerjaanmu.
  • Selain manajemen waktu yang buruk, terlalu multitasking juga akan membuat kamu stres, lho. Melakukan banyak hal sekaligus hanya akan memecah fokus kamu dan tidak akan bisa bekerja secara baik. Cobalah mulai memprioritaskan job desk utama kamu. 
  • Terakhir, cobalah bicara dengan atasan, hrd atau supervisor di kantor kamu. Sampaikanlah permasalahan apa yang tengah kamu alami di kantor sehingga membuat kamu stres dan tidak bisa bekerja secara maksimal.

Nah HealthySKWAD, kamu sekarang jadi tahu kan bagaimana mengatasi stres saat di tempat kerja. Mulai dari sekarang, biasakan untuk mengatasi hal tersebut lebih dulu ya!

Dapatkan informasi mengenai kesehatan tubuh dan kesehatan mental dengan sumber informasi yang dapat dipercaya di SKWAD Health!

Subscribe YouTube Channel SKWAD Health Sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *