LOADING

Type to search

10 Makanan yang Dapat Mengurangi/Meredakan Rasa Stres

10 Makanan yang Dapat Mengurangi/Meredakan Rasa Stres

Share

Ketika stres datang, beberapa orang terkadang memiliki hasrat untuk ngemil dan makan dengan porsi yang banyak. Bahkan memang menurut Journal of Nutrition & Food Sciences, ketika kita stres, tubuh akan sangat membutuhkan nutrisi-nutrisi tertentu, seperti vitamin C, vitamin B, selenium, dan magnesium. Mungkin inilah penyebab mengapa kita merasa lapar ketika stres, dan akhirnya kita akan mengatasinya dengan banyak ngemil atau makan untuk mengurangi stres itu.

Tapi perlu diketahui juga, Alice Figueroa, seorang ahli gizi di New York City mengatakan, kalau kesehatan microbiome atau kesehatan usus, bisa mempengaruhi suasana hati, emosi, dan kesehatan psikologis kamu. Jadi sangat penting bagi kita memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Karena bisa jadi makanan yang kita makan, justru malah membuat kita semakin stres. Itulah mengapa sangat dianjurkan untuk mengetahui makanan apa yang baik dikonsumsi saat kita merasa stres. SKWAD Health akan memberitahu kalian beberapa makanan yang baik dikonsumsi saat merasa stres, simak yuk!

1. Teh herbal

Teh hijau dan teh chamomile adalah jenis teh herbal yang dapat membantu mengurangi stres kamu lho! Teh hijau dapat menurunkan rasa stres, karena kandungannya yang rendah kafein dan protein yang baik untuk merilekskan otak. Teh chamomile juga memiliki manfaat yang sama, khususnya dalam mengurangi gejala kecemasan. Kalau kamu suka minum kopi ketika stres, mungkin sekarang bisa merubahnya ke teh herbal ya!

2. Dark coklat

Dark coklat atau cokelat hitam kaya akan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh, lho! Kandungan pada dark coklat dapat menurunkan tekanan darah sehingga membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang. Oh iya, jika kamu ingin ngemil dark coklat, pastikan kamu makan dark coklat murni tanpa gula tambahan ya.

3. Gandum utuh

Karbohidrat pada gandum dapat meningkatkan kadar serotonin, yaitu hormon yang meningkatkan suasana hati dan dapat mengurangi stres. Serotonin juga berperan dalam mengendalikan emosi kamu, agar kamu dapat berkonsentrasi dan fokus saat beraktivitas. Cobalah sarapan dengan gandum utuh untuk memulai aktivitasmu ya!

4. Alpukat

Alpukat adalah buah yang memiliki kandungan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 pada alpukat, dapat membantu meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, depresi, kecemasan dan meningkatkan konsentrasi. Bagi kamu yang suka ngemil saat stres dapat mencoba mengkonsumsi alpukat untuk membantu mengurangi stres, lho!

5. Salmon

Sama halnya seperti alpukat, salmon juga memiliki kandungan omega 3 yang dapat membantu mengurangi kecemasan dengan menekan hormon adrenalin dan kortisol. Hormon inilah yang menyebabkan stres dan kecemasan. Kamu bisa mengkonsumsi salmon sebanyak seminggu 2 kali untuk membantu kamu mengurangi stres.

6. Susu

Susu dikenal memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tulang. Tapi tidak hanya itu saja, ternyata nutrisi kalsium juga dapat membantu mengurangi depresi nih! Karena kalsium dan tambahan vitamin D dapat membantu merilekskan otot dan menstabilkan suasana hati. Coba deh mulai sekarang minum susu hangat di malam hari untuk menghilangkan stres karena aktivitas padat kamu seharian.

7. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang penuh dengan nutrisi, seperti vitamin B, magnesium, dan asam lemak sehat. Vitamin B dan magnesium adalah bagian penting dari diet sehat yang dapat membantu kamu mengurangi stres juga kecemasan. Mungkin bagi kamu yang menjadi suka ngemil ketika stres, bisa sekali mengkonsumsi kacang-kacangan sehat seperti Almond, atau biji-bijian seperti biji bunga matahari.

8. Buah dengan kandungan Vitamin C

Selain membantu menjaga imun tubuh, kadar vitamin C yang tinggi juga dapat membantu mengurangi stres. Stres itu dapat menguras persediaan vitamin C dalam tubuh kamu juga, lho! Kamu dapat mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk dan strawberry yang dapat membantu kamu mendapatkan asupan vitamin C tinggi.

9. Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan probiotik yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Menjaga kesehatan pencernaan itu sangat penting sekali, terutama pada kesehatan usus. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kesehatan usus memiliki hubungan dengan gangguan kecemasan, depresi, dan suasana hati. Jadi kalian bisa sekali minum yoghurt untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi stres.

10. Sayur-sayuran

Sayuran kaya akan serat yang dapat mengurangi kecemasan, depresi, dan stres. Kandungan folat dan vitamin pada sayuran hijau akan membantu memproduksi serotonin dan dopamin pada otak yang dapat merangsang kebahagian. Itulah mengapa seseorang yang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan akan merasa lebih tenang dan bahagia setiap harinya. Yuk mulai sekarang cobalah mengkonsumsi sayuran secara rutin untuk menjaga kesehatan fisik dan mentalmu ya!

Nah, itu dia 10 makanan yang bisa membantumu mengurangi stres. Tentunya kalian sudah sangat tidak asing dengan makanan-makanan di atas bukan? Sekaligus sangat mudah didapatkan. Semoga artikel ini dapat membantu bagi kalian yang sedang merasa stres ya.

 

Dapatkan informasi mengenai kesehatan tubuh dan kesehatan mental dengan sumber informasi yang dapat dipercaya di SKWAD Health!

Subscribe YouTube Channel SKWAD Health Sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *